Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IDN Live; Platform Live Streaming dari IDN Media



Laporan Google Year in Search 2021, mencatat ada pertumbuhan minat penelusuran untuk kuota streaming sebesar 500 persen di Indonesia. Minat penelusuran tertinggi berasal dari Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, dan Jawa Barat, termasuk kota seperti Jambi dan Bandar Lampung.

Masih menurut Laporan Year in Search Google, orang Indonesia juga senang menonton konser streaming di 2021. Hal itu dapat dilihat dari minat penelusuran konser virtual yang meningkat 133 persen sepanjang tahun lalu.

 Adapun, menurut Survei Literasi Digital yang digelar Kemenkominfo dan Katadata Insight Center terhadap 10.000 responden pada Oktober 2021, sekitar 31.7 % responden mengaku sering menggunakan jaringan internet untuk mengakses streaming video dan musik.


Hal tersebut membuat IDN Media, perusahaan media platform dengan target market kaum millenial dan gen Z, menghadirkan fitur live streaming bernama IDN Live. IDN Live dapat diakses melalui aplikasi IDN App yang juga memuat berbagai bentuk konten lain dari media-media di bawah naungan IDN Media.

Kali ini, IDN Media berkesempatan berbincang dengan COO IDN Media, William Utomo, mengenai tren live streaming di Indonesia. Selain itu, William juga menjelaskan peran IDN Live, platform live streaming milik IDN Media, untuk masa depan live streaming di Indonesia.

 

1.    Karakter Gen Z yang Menyukai Konten Live Streaming


Berdasarkan hasil studi terbaru berjudul Future of TV dari The Trade Desk (TTD), popularitas OTT atau Over The Top meningkat pesat di tahun ketiga pandemi Covid-19. Yang menariknya lagi, studi ini juga menunjukan bahwa saat ini satu dari tiga orang Indonesia dilaporkan mengonsumsi 3,5 miliar jam konten setiap bulannya. Studi ini juga menemukan bahwa 51 persen penonton OTT adalah Gen Z dan Millennial dengan rentang usia 16-34 tahun. Sebagian besar audiens muda tersebut adalah pengguna loyal, terlihat dari konsumsi konten OTT yang mencapai 4 jam bahkan lebih setiap harinya.

IDN melalui IDN Research Institute mengadakan riset Indonesia Gen Z Report 2022 menyatakan bahwa generasi digital native saat ini Gen-Z semakin tertarik mengkonsumsi konten dengan format video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua dengan persentase 13% setelah         video-based content (75%). Selain sebagai hiburan, konten live streaming mulai banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial  atau menjalin interaksi dengan konsumen suatu brand. IDN App mengerti dan memahami jika popularitas dan potensi live streaming di kalangan Gen Z di Indonesia meningkat. Itulah sebabnya IDN APP mengintegrasikan format konten berbasis video ini ke dalam fitur mereka, salah satunya IDN App melalui fitur IDN Live.




 

2.    Karakter Unik dari Penggemar Konten Live Streaming

Sejak diluncurkan satu tahun yang lalu, IDN live di IDN App makin banyak penikmatnya. Melalui pilihan jenis live streaming yang ditonton, karakter audience dapat terlihat jelas.

William menjuluki mereka sebagai micro community yang sangat loyal dengan streamer favorit mereka. Loyalitas tersebut ditunjukkan dengan durasi konten yang mereka suka.

“Mereka suka menonton berbagai macam konten, mulai dari konten bermain games, menonton video reaction, atau bahkan hanya mengobrol saja dengan streamer. Setiap harinya, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun panjang. Perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan penikmat konten lainnya,” ungkap William.


 3. Menjalin Kerjasama Untuk Membangun Ekosistem Live Streaming

 Makin tingginya pertumbuhan micro community ini, membuat IDN Media mengajak kerjasama beberapa pihak untuk turut meramaikan ekosistem live streaming di Indonesia. IDN App sudah mengajak time sport untuk bergabung, termasuk esports yang dikenal memiliki basis penggemar yang besar dan loyal. Beberapa gamers dan time sport yang bergabung di IDN App sebagai live streamers, seperti PAOXTIPI, Bigetron            Esports, dan ONIC Esports. William pun memandang live streaming sebagai tempat berkumpul virtual.

Live streaming itu sebenarnya ibarat nongkrong bareng di dunia nyata. Ketika berkumpul dengan teman, apapun yang dilakukan bersama sangat digemari, misalnya bermain games bersama, menonton video lucu, atau bahkan sekedar berbincang dengan teman pun menjadi kegiatan yang seru. Bahkan bisa dibilang, saat ini konten live streaming yang sifatnya satu arah seperti cover lagu memiliki penggemar yang lebih sedikit dibandingkan konten dengan interaksi dua arah.” jelas William.

 



4.    Inovasi Tiada Henti untuk Menguatkan Micro Community

IDN Live merupakan platform yang dibuat untuk streamer agar dapat berkarya secara positif. Oleh sebab itu, inovasi-inovasi yang tetap dilakukan untuk menguatkan micro community ini.  William menyampaikan harapan untuk IDN Live di masa depan.

 

“Harapannya, IDN dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami          juga ingin mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming. Saat ini, IDN Live baru memiliki beberapa ratus streamer dan berharap dapat menjaring ribuan bahkan puluhan ribu streamer untuk membuat konten di IDN Live. Dengan konten yang lebih interaktif dan jumlah streamer yang lebih banyak, diharapkan micro community ini akan menjadi semakin solid. Kuncinya satu, yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community.” ungkap William.

 



 

Wiwiek Sulistyowati
Wiwiek Sulistyowati Cookbooks Writer. Food Photography Enthusiast. Bekasi Residence. For inquiry, please email winiez1508@gmail.com

6 komentar untuk "IDN Live; Platform Live Streaming dari IDN Media"

  1. Mbak wiwik kapan daftar jadi streamer. Ntar dishare pengalamannya di blog

    BalasHapus
  2. wah asyik ya kalau bisa live streaming. keren ih IDN App

    BalasHapus
  3. aku belum pernah jadi streamer.. setelah baca ini sepertinya patut dicoba hehhe

    BalasHapus
  4. Makin kepo sama rasanya ikut live streaming aku.

    BalasHapus
  5. kalau ngomongin live streaming langsung ingat sama sosok-sosok yang lagi viral kayak bunda corla dan tante jill itu. hihi. tapi tentunya konten streaming ada bermacam-macam ya tergantung pilihan kreatornya

    BalasHapus
  6. Live streaming itu bikin banyak viewers berdatanagan, keren bgt skrg idn app sudah ada fitur live streamingnya

    BalasHapus