Bikin Kaldu Udang Bubuk dari Kulit Udang Yuk!


 

www.ceritawiniez.com Udang adalah salah satu keluarga seafood yang banyak diminati. Ga heran jika banyak sekali jenis makanan yang berbahan utama udang seperti,  udang asam manis, udang saus tiram, udang saus padang, bakwan udang, dan  lainnya.

Beberapa orang membuang kulit dan kepala udang sebelum mengolahnya menjadi masakan. Padahal kulit udang justru  bisa menyehatkan sendi loh.

Sendi yang sehat adalah kunci  untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kebayang repotnya jika  rasa nyeri pada sendi muncul terus-menerus, pasti akan menganggu.
Nah, menurut penelitian  kulit udang mengandung  senyawa yang dikenal sebagai chondroitin. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi proteoglikan dan kalogen yang merupakan unsur penting pada sendi. Kulit udang juga membantu lubrikasi pada sendi, dan berperan sebagai shock absorber.

Lantas, kalau ga dibuang, kulit udangnya dibikin apa? Bikin kaldu  udang bubuk dong. Kaldu bubuk ini berfungsi sebagai penyedap makanan yang sehat dan alami, karena tidak memakai bahan kimia atau pengawet.

Langsung cek resepnya ya

 

KALDU  UDANG  BUBUK HOMEMADE

Bahan-bahan:

500 gram udang, kupas kulit dan kepalanya, sisihkan

5 siung bawang putih, kupas kulitnya

 

Cara membuat:

1. Cuci kulit dan kepala udang hingga bersih, tiriskan.

2. Sangrai kulit dan kepala udang dengan api kecil.

3. Masukkan bawang putih, lanjut sangrai hingga kulit udang kering.

4. Angkat dan biarkan agak dingin.

5. Haluskan kulit udang dengan menggunakan chopper (tanpa tambahan miyak atau air ya)

6. Setelah dihaluskan, sangrai kembali dengan menggunakan api kecil hingga kering.

7. Haluskan dengan chopper lagi.

8. Ulangi satu kali proses lagi (sangrai dan haluskan)

9. Ayak dan masukkan ke dalam wadah.

 

Catatan tambahan:

1. Proses menyangrai dan menghaluskannya sampai tiga kali ya. Hal ini bertujuan agar kita mendapatkan kaldu udang bubuk yang kering sehingga bisa tahan lama.

2.Jika ingin menambahkan garam dan merica bisa dilakukan sebelum bubuk kaldu diayak.

3. Dari 500 gram udang yang diambil kulitnya bisa menghasilkan 35 gram kaldu udang bubuk.

4. Kaldu  udang bubuk ini bisa dijadikan penyedap masakan untuk segala jenis masakan, saya bahkan menggunakan untuk membuat telur dadar 😅

 

Selamat mencoba 😀


 


Wiwiek Sulistyowati Cookbooks Writer. Food Photography Enthusiast. Bekasi Residence. For inquiry, please email winiez1508@gmail.com

16 Komentar untuk "Bikin Kaldu Udang Bubuk dari Kulit Udang Yuk!"

  1. Yeayyy makasih banyak mba resepnya, saya selama ini kalo bikin kaldu udang direbus aja gitu sayangnya gak bisa tahan lama. Baca ini jadi dapet insight baru lain kali bikin kaldu udang bubuk deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kalau kaldu bubuk lebih awet, bisa berbulan-bulan

      Hapus
  2. Wah keluarga kami pecinta udang dan sering kali aku tak menghiraukm tuh kepala sama kulit seba b bingung mau diolah apa. Wah tipsnya menarik dan bisa di coba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, daripada dibuang mending dibikin kaldu bubuk, sekalian menjalankan zero waste

      Hapus
  3. Ternyata kulit udang bisa dimanfaatkan juga ya? Selama ini kulitnya selalu dibuang. Hehe

    Kalau bisa dipakai kaldu, sepertinya mantap tuh. Tidak mubadzir.

    BalasHapus
  4. Wah, ternyata kulit udang bisa dijadikan kaldu ya, Mba. Baru tahu, lo. Beberapa hari yang lalu ibu saya nyambal udang. Saya bantu ngupasin kulitnya dan malah dibuang. Makasih buat ilmu barunya, Mba.

    BalasHapus
  5. Wah mantap nih untuk dicoba. Baru tau kulit udang bisa juga dimanfaatkan begini. Biasanya kulit udang sering di buang.

    BalasHapus
  6. wuaaah.... bisa dibuat bubuk kaldu tooh, selama ini cuma dicuci bersih dah dijadikan kaldu glondongan kulit dan kepalanya aja. Tak coba resepnya. makasih yaa

    BalasHapus
  7. Eh ternyata gak susah-susah amat ya bikinnya. Ngapain selama ini pake beli hehe. Coba ah. Thanks ya resepnya

    BalasHapus
  8. Wah, baru tahu ternyata kulit udang bisa dimakan, makasih kak tulisan apalagi resepnya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel