Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review IDN App; Platform Berita dan Hiburan Kekinian

 


www.ceritawiniez.com Akhir 2022, salah satu koran yang telah berkiprah selama 30 tahun, tutup usia.  Harian Republika yang terbit pedana pada 4 Januari 1993 dan telah memberikan warna baru jurnalisme di Indonesia, akhirnya meninggalkan edisi cetak dan beralih ke versi digital.

Senja kala media cetak sudah sering terdengar. Koran-koran bereputasi dunia dan nasional, sudah lebih awal menelan kenyataan pahit  itu. Media edisi cetak seperti tabloid, koran, atau majalah sudah  banyak berakhir bahkan tanpa ada edisi digital.

Tidak bisa disangkal,  media edisi cetak butuh biaya cetak dan distribusi yang cukup tinggi.  Di sisi lain, jika hanya mengandalkan iklan dari media cetak atau penjualan, operasional media cetak tentu tidak tercukupi. Jika masih ada  media edisi cetak beroperasi, maka patut diduga karena ada subsidi silang dari  anak perusahaan yang lain.

 

Dari Cetak ke Digital

Tahun 2021  menjadi awal perubahan digital yang besar dan cepat bagi industri media setelah pandemi Covid-19. Transformasi digital menjadi harga mati untuk bertahan.

Survei Reuters Institute pun menunjukkan, 76%  jajaran pimpinan perusahaan media di 43 negara yang disurvei pada akhir tahun 2020 mengatakan, pandemi ini telah mempercepat rencana mereka untuk melakukan transisi digital. Media cetak secara “terpaksa” membuat produk baru berupa media online yang mengusung pemberitaan yang cepat, dan update

Secara profitabilitas, media-media online sebenarnya belum memberikan sumbangan berarti bagi perusahaan. Banyak perusahaan media yang tetap mengandalkan pendapatnya dari edisi cetak.


IDN, Platform Berita Digital Kekinian


IDN App merupakan  aplikasi berita terlengkap dan update yang ada di sebuah website, namun saat ini bisa diunduh di Google Play Store dan App Store. IDN App termasuk salah satu produk dari IDN Media yang sudah memiliki fitur lengkap seperti baca berita, tulis artikel, tulis dan jawab pertanyaan, live streaming fitur-fitur lainnya .


Sebelumnya, orang mengakses IDN app hanya bisa melalui website, untuk sekarang para pengguna sudah mengakses informasi IDN Times melalui aplikasi di masing-masing smartphone yang dimiliki. Jadi sudah ada kemudahan yang diberikan, agar para pengguna tidak harus membuka browser untuk membaca berita ataupun mencari informasi lainnya.

 Ada tiga menu utama di IDN App, yaitu

 


1.    1. Berita

Dalam menu berita ada beberapa sub menu, yaitu terbaru, trending dan viral.

Sub menu terbaru ini tersedia berbagai berita update. Dengan tampilan feed yang rapi dan nyaman di mata, pembaca bisa menikmati berita dengan nyaman.

Sementara di sub menu trending, diperuntukan bagi pembaca yang ingin tahu topik-topik yang sedang ngetrend . Begitu juga dengan sub menu viral, yang menyediakan berita-berita yang sedang hangat dibicarakan.

 

2.     2.  IDN Live

Sebagai perusahaan media platform dengan target market kaum millenial dan gen Z, IDN Media, menghadirkan fitur live streaming bernama IDN Live. IDN Live dapat diakses melalui aplikasi IDN App yang juga memuat berbagai bentuk konten lain dari media-media di bawah naungan IDN Media. Ada banyak hal yang menarik di menu IDN Live ini, anatra lain

 

A. Konten Live Streaming  yang Variatif

Di IDN Live, konten  live streaming dihadirkan lebih variatif. Para  streamer  bisa membuat konten live streaming di IDN Live setiap saat. Mereka bisa menampilkan keahlian dan bahan pembicaraan yang berbeda-beda.  Mulai dari cerita bareng artis, tutorial makeup, bernyanyi bersama-sama, ,  masak bareng, sharing seputar parenting, tanya jawab dengan psikolog, lelang barang, dan masih banyak lagi. Selain mendapatkan ilmu, kita juga bisa dapat give away loh.

 

B.  Virtual Gift Untuk Berinteraksi dengan Streamer IDN Live

Salah satu yang menjadi unggulan dari konten live streaming adalah kesempatan penonton untuk berinteraksi dengan streamer favoritnya secara real time. Baik melalui fitur live chat maupun karena konten yang ditayangkan minim proses editing. Streamer pun bisa langsung berinteraksi dengan para penonton yang ada di live chat. Selain itu , IDN Live juga menghadirkan fitur  Virtual Gift. Penonton dapat memberikan virtual gift bagi streamer. Tentu saja fitur yang satu ini menjadi favorit para streamer dan menjadikan  interaksi antara streamer dan penonton jadi semakin menarik.

Di IDN Live ada banyak Virtual Gift yang menarik, mulai dari makanan tradisional  seperti rawon dan sate, barang mewah seperti jet pribadi dan motor sport, dan masih banyak lagi.

3.   3.   Quiz

Menu ini menjadi favorit saya. Quiznya ringan dan menarik, cocok untuk menemani waktu luang. Selain sebagai hiburan di menu ini juga dapat menambah pengetahuan.

 



Buat yang belum mengunduh IDN App, yuk unduh segera, pakai kode referral aku

wiw-g9ubg22garrsqr

Wiwiek Sulistyowati
Wiwiek Sulistyowati Cookbooks Writer. Food Photography Enthusiast. Bekasi Residence. For inquiry, please email winiez1508@gmail.com

3 komentar untuk "Review IDN App; Platform Berita dan Hiburan Kekinian"

  1. bisa dibilang komplet ya kak, lengkap dengan 3 menu besar mulai dari berita, IDN Live dan Quiz. Menyasar kaum milenial tentu saya dampak besar bagi perkembangan zaman dari perubahan era covid ke suasana saat ini menjadi market yang betul-betul standart tinggi untuk menjadi acuan sebagai platfrom berita dan hiburan kekinian.

    BalasHapus
  2. Saya juga instal IDN App pernah pakai buat IDN Live..buat nonton masak2an hehee..

    BalasHapus
  3. IDN App ini keren lo, banyak fiturnya dan isi kontennya cocok banget dengan generasi milenial dan Gen Z.

    BalasHapus