Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Optimis di 2023, Inilah Lima Langkah Bisnis IDN Media

www.ceritawiniez.com  Tingginya ketidakpastian dan besarnya tantangan adalah dua hal yang akan dihadapi oleh perekomonian global dan Indonesia pada 2023. Ancaman resesi, masih ketatnya kebijakan moneter di tingkat global, serta perang bisa menekan ekonomi global dan domestik.

Berbeda dari  tahun-tahun sebelumnya yang diliputi optimisme, dunia menyambut tahun baru dengan perasaan was-was dan lebih pesimis. Beratnya perekonomian 2022 serta masih gelapnya kondisi ke depan membuat warga global dan otoritas pengambil kebijakan menyambut 2023 dengan penuh kewaspadaan.

Semua forecast dari lembaga/institusi mengarah pada satu kesimpulan yakni 2023 akan menjadi tahun yang berat. Sejumlah faktor diperkirakan akan membebani pertumbuhan ekonomi global mulai dari ketatnya kebijakan moneter di sejumlah negara, perang Rusia-Ukraina, lonjakan inflasi, ancaman resesi, hingga melambatnya perdagangan global.

 

Kondisi ekonomi di tahun 2023 yang penuh ketidakpastian tidak membuat IDN Media berpasrah diri. IDN Media, perusahaan media platform untuk millennial dan gen Z tetap akan menghadirkan inovasi atau terobosan di 2023.

Ada lima hal yang menjadi  terobosan IDN Media di 2023, antara lain:

 

1.  Platform Media yang Tech-driven

Sebagai perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, IDN Media memiliki lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU). Sebagai media platform berbasis teknologi, IDN Media memiliki berbagai macam unit bisnis dari empat kategori, yaitu IDN (content platform); IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia (digital media), IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (commercial); serta IDN Pictures dan JKT48 (entertainment).

 

2.  Memiliki Fundamental Bisnis yang Kokoh

Dalam dunia bisnis, fundamental dan pola pikir yang matang merupakan  faktor penting guna menjaga kestabilan dan keberlangsungan usaha. IDN Media berusaha keras untuk mempunyai dua faktor tersebut. Makin variatifnya konten-konten yang membawa dampak positif untuk masyarakat Indonesia dari Aceh dan Papua menjadi indikator IDN Media mampu menghadapi faktor eksternal perusahaan.

 

Salah satu cara menciptakan fundamental bisnis yang kuat adalah dengan berkomitmen membangun bisnis yang memiliki nilai tambah bagi seluruh stakeholders. Melalui  empat kategori bisnisnya yaitu content platform, digital media, commercial, dan entertainment, IDN Media selalu menyajikan konten hiburan dan berita yang relevan untuk target audiens-nya yaitu Millennial dan Gen Z. Di tahun 2023, IDN Media akan fokus untuk terus menumbuhkan bisnisnya di keempat kategori bisnis tersebut.

 



3.  Mengembangkan Konten Live Streaming

Menurut Laporan Year in Search Google, orang Indonesia senang menonton konser streaming di 2021. Hal itu dapat dilihat dari minat penelusuran konser virtual yang meningkat 133 persen sepanjang tahun lalu. Adapun, menurut Survei Literasi Digital yang digelar Kemenkominfo dan Katadata Insight Center terhadap 10.000 responden pada Oktober 2021, sekitar 31.7 % responden mengaku sering menggunakan jaringan internet untuk mengakses streaming video dan musik. Hal tersebut membuat IDN Media, menghadirkan fitur live streaming bernama IDN Live. IDN Live dapat diakses melalui aplikasi IDN App yang juga memuat berbagai bentuk konten lain dari media-media di bawah naungan IDN Media.  

Peluncurkan sejumlah fitur baru di IDN Live, platform live streaming di aplikasi IDN, yaitu UGC feature, redemption, dan referral merupakan indikator IDN Media fokus dalam mengembangkan konten live streaming. UGC feature memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berkarya menjadi streamers di IDN Live. Ketiga fitur ini diharapkan dapat semakin mempermudah content creator untuk melakukan live streaming di IDN Live. Kedepannya, IDN Media akan terus berinovasi dengan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, khususnya Millennial dan Gen Z.

 

4.  Menumbuhkan Creator Economy melalui ICE

 Creator economy semakin berkembang dan menjadi  industri yang melibatkan content creator atau influencer untuk memasarkan produk dan jasa dari brand ke konsumen. Karakter Millennial dan Gen-Z yang masih menganggap penting hubungan kreator dengan suatu perusahaan dalam keputusan mereka membeli produk dan jasamenjadikan creator economy mempunyai peran yang penting.

 Saat ini, IDN Media akan mengembangkan ekonomi kreator baik dalam bentuk marketing maupun bentuk lainnya melalui ICE (Indonesia Creator Economy). ICE merupakan platform kreator terbesar di Indonesia, yang memiliki visi untuk mendemokratisasi “creators economy” di Indonesia melalui teknologi. Content creator marketing, content creator trading, content creator representation, financial technology solutions, dan brand & product development merupakan contoh layanan yang diberikan oleh ICE. Di 2023, ICE juga akan meluncurkan platform website yang nantinya dapat menawarkan kolaborasi tanpa batas antara brand dan kreator.

 



5.  Optimis Menargetkan Pertumbuhan di 2023

Walau hanya ada 3% potensi resesi, antisipasi tetap perlu dilakukan oleh banyak perusahaan, termasuk IDN Media. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang media dan mengandalkan iklan sebagai salah satu pendapatan perusahaan, IDN  perlu membuat strategi-strategi jitu agar bisnis tetap lancar. Terlebih saat resesi, klien cenderung melakukan efisiensi biaya dan biasanya yang pertama kali dikurangi adalah biaya untuk pemasaran sehingga otomatis industri media pun akan terkena dampaknya.

 

Meski ada secercah harapan bahwa bisnis di Indonesia masih akan terus bertumbuh dan berkembang, namun  IDN Media tetap berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian. agar IDN Media dapat mencapai visinya untuk mendemokratisasi informasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

 

 

Wiwiek Sulistyowati
Wiwiek Sulistyowati Cookbooks Writer. Food Photography Enthusiast. Bekasi Residence. For inquiry, please email winiez1508@gmail.com

Posting Komentar untuk "Optimis di 2023, Inilah Lima Langkah Bisnis IDN Media"