Olahan Tempe Kekinian: Tempe Brulee Bomb


 

www.ceritawiniez.com Mendadak perut berbunyi ketika selesai membuat laporan keuangan untuk LPJ MUNAS FLP nanti. Memang ya,  segala sesuatu yang berhubungan dengan angka bikin cepat lapar 😅

Buka kulkas  ada tempe yang daunnya udah agak layu. Bisa dibikin apa ya tempe ini?

Teringat beberapa waktu yang lalu, ada cemilan kekinian yang ngehits yaitu Brulee Bomb. Kayaknya seru kalau tempe ini dibikin Brulee Bomb.

 

Apa sih sebenarnya Brulee Bomb itu? Brulee Bomb adalah camilan berbentuk bola yang terbuat dari terigu, bawang bombay, susu, keju, ayam atau daging.

 

Kali ini saya mencoba membuat Brulee Bomb dari tempe dan suprisingly rasanya enak. Tempe yang sudah direbus dan dihaluskan, memberi rasa istimewa ketika menyatu dengan bawang bombay  susu dan mozarella. Cemilan ini selain bergizi, cara membuatnya juga gampang loh. 

 

Yuk disimak resepnya 

 

TEMPE BRULEE BOMB

 

Bahan-bahan:

150 gram tempe, rebus dan haluskan

150 gram daging ayam cincang

1/2 buah bawang bombay, cincang halus

2 siung bawang putih, iris tipis

250 ml susu cair

3 sendok makan tepung terigu

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh lada bubuk

1/2 sendok teh gula

100 gram keju mozarella, potong dadu

1 butir telur

Tepung panir/tepung roti secukupnya

 

Cara membuat

1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.

2. Masukkan daging ayam cincang, aduk rata.

3. Tuang susu cair, garam, gula, lada bubuk, aduk hingga tercampur.

4. Tambahkan tepung terigu dan tempe yang sudah dihaluskan. . Masak hingga matang, angkat.

5. Setelah dingin, bentuk adonan seperti bola, masukkan potongan keju mozarella di dalamnya.

6. Masukkan adonan ke dalam telur yang sudah dikocok kemudian gulingkan di atas tepung panir/tepung roti.

7. Simpan adonan ke dalam lemari es selama 30 menit.

8. Panaskan minyak, goreng hingga matang.

 

Gimana gampang kan? Yuk langsung diesekusi 😃

 

 

 


Komentar

  1. Masyaa Allah.. liat gambar dan baca resepnya aja udah bikin ngiler mba.. 😍

    BalasHapus
  2. Waaaah patut dicoba ini.... kayaknya muantep ya mba. Cuzz ah buat variasi nih .... thankyou for inspiration mbaaa

    BalasHapus
  3. Aih, tempe aja bisa jadi keren begitu ya dan keliatnnya yummy.... makasih sharing resepnya ya mbak say

    BalasHapus
  4. ya ampun saya jadi ngiler kak beneran soalnya penyuka olahan tempe, mana dapat resep pula makasih banyak pokonya

    BalasHapus
  5. Resepnya praktis. Jadi pengen nyoba. Apalagi bahan dasarnya saya suka. Jarang2 saya suka masak karena tidak banyak jenis makanan yang saya suka. Hehe.

    BalasHapus
  6. Baru tau tempe tisa dibuat brulee bomb, makasih Kak resepnya, mau ta coba :D

    BalasHapus
  7. Hampir sama kalau bikin kentang bola bola ya. Cuma bedanya disini pakai tempe.

    BalasHapus
  8. cobain ah, enak kayaknya buat cemilan pas musim hujan begini

    BalasHapus
  9. Terlihat lezaaattt. Eh tapi kejunya bisa diskip aja kan kak? Saya nggak suka keju soalnya huhuhu

    BalasHapus
  10. Yuhuuuu…. Ini solusi banget buat aku yang bingung masak tempe mau diapain lagiii…
    Bosen digoreng, disambel, dan di kering tempe mulu .. hahaha..
    Makasih resepnya mbak

    BalasHapus
  11. Pas banget nih resepnya, di kulkas ada tempe. Kelihatannya lebih enak daripada yang versi kentang. Makasih resepnya mba ❤

    BalasHapus
  12. wah kayaknya enak banget, apalagi saya suka keju

    BalasHapus
  13. Sepertinya mudah, sip bisa dicoba

    BalasHapus
  14. menarik mbak, jadi pengen coba, terima kasih ya

    BalasHapus
  15. Kelihatannya enak banget, deh! Kapan-kapan mau coba ah kalau lagi senggang ^^ Makasih resepnya, mbak~

    BalasHapus
  16. selalu suka mampir ke rumah mbak wiwik ini karena selalu menemukan resep baru dan mudah buat dipraktikkan insya allah duh menunya tempe lagi pas nih lagi ada di kulkas hahahaa

    BalasHapus
  17. Wah, ada resepnya. Kapan-kapan saya mau coba ah. Hatur nuhun, Mbak.

    BalasHapus
  18. Suami suka tempe sekali
    Bisa jadi referensi buat varian menu masak berikutnya

    BalasHapus
  19. Suka sama rasa bola bola keju gini, tapi belum pernah coba pake tempe karena khawatir kalo kucampur keju rasanya jadi aneh. Soalnya pernah bikin stik keju pake bahan tempe, rasanya jadi aneh wkkwkw. Enak ya ternyata. Ntar mau coba resepnya deh. Makasih, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun jarang memgolah tempe yg dikreasikan. Mentok oseng2 hehhee...

      Emang mbak wiwik nih bisa aja bikin kreasinya jadi asyik punya refrensi resep olahan tempe kan

      Hapus
  20. Wah mau coba bikin aah.. bahannya mudah dan cara buatnya juga gampang..makasih mbaak

    BalasHapus
  21. Kayaknya kalo digigit kejunya bakal meledak di mulut, ya?

    BalasHapus
  22. aku kalo masak tempe seringnya masak sendiri makan sendiri. tapi kalo diolah begini anak2 doyan kali ya, apalagi pake mozarela segala

    BalasHapus
  23. Habis munas kita masak2 yuk Wik

    BalasHapus
  24. wah bisa dicoba nih di rumah kali aja anakku suka. kalau mozarella-nya bisa diganti keju biasa nggak ya, mbak?

    BalasHapus

Posting Komentar