Lima Pahlawan IDN 2021 Pilihan IDN Media


 

Jika pahlawan zaman dulu berperang melawan penjajah demi meraih kemerdekaan negara Indonesia lalu saat ini kita sudah merdeka, apakah kita masih bisa menjadi pahlawan?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.

Kalau begitu  apakah tenaga kesehatan, cleaning service rumah sakit, supir ambulance , penggali kubur serta orang-orang yang berjuang melawan corona atau orang yang berjuang mengharumkan nama bangsa di dunia internasional dalam bidang olahraga, kesenian dan sebagainya  juga bisa disebut sebagai pahlawan?

Iya, tentu saja !

Sejalan hal tersebut IDN Media mengadakan suatu program bertajuk  Pahlawan IDN 2021. Program ini merupakan salah satu bentuk apresiasi bagi  figur-figur inspiratif  Millennial & Gen Z yang berhasil menginisiasi gerakan positif di bidang Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, Proyek Kreatif, dan Komunitas.

Mengusung tagline #SatuNegeriBeragamInspirasi, program yang baru dilaksanakan pertama kali ini menarik perhatian kaum millineal untuk ikut serta. Terbukti variasi dari finalisnya pun luar biasa, mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan.

Lima juri yang berkompeten dibidangnya, mempunyai tanggung jawab yang berat untuk memilih pahlawan-pahlawan IDN, mereka adalah:

 



1. Uni lubis (editor in chief IDN Times Winston Utomo (CEO IDN Media)

2. Zefanya Deby (Head of Communications IDN Media)

3. Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru)

4. William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP)

5. Winston Utomo (CEO IDN Media)

Setelah melalui diskusi dan perdebatan yang cukup alot, dewan juri memilih lima Pahlawan IDN 2021, mereka adalah:

1. Riliv, diwakili oleh Audrey Maximillian Herli

Riliv adalah layanan kesehatan mental berbasisi teknologi dan mendukung self-help dengan mediasi serta konseling online dengan psikolog profesional dengan visi "to create peace of mind and smile all over the world"

2. Plana (Plastic for Nature), diwakili oleh Joshua Christopher Chandra

Plana merupakan  sebuah gerakan untuk mengubah perilaku dalam menggunakan plastik dan menemukan  inovasi baru dalam mendaur ulang plastik menjadi produk yang lebih tahan lama dan tidak merusak alam. 

3. Mataharikecil Indonesia, diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful

Mataharikecil Indonesia adalah wadah bagi generasi muda untuk berbagi, berkolaborasi dan berkontribusi dalam bidang pendidikan. Mataharikecil Community Jakarta menginisiasi kegiatan edukasi yang sejalan dengan visi misi Mataharikecil Indonesia Foundation.

 

4. BecomeMore Indonesia, diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa

BecomeMore Indonesia, adalah sebuah komunitas bagi siswa/i SMP dan SMA se-Indonesia yang bertujuan untuk membantu para siswa dalam proses pengembangan diri (self-development) melalui konferensi tahunan dan lain-lain.

5. Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana

Literasi Anak Banua, sebuah komunitas yang bergerak pada bidang literasi. Kegiatannya adalah memberikan les gratis dari tahun 2018 hingga sekarang dan berada di 14 desa dengan status 3T pada Provinsi Kalimantan


Hadiah berupa sejumlah uang tunai serta dukungan publikasi dari IDN Media selama 1 tahun penuh menjadi hadiah bagi kelima pemenang ini. Mereka diberi kesempatan untuk bergabung di signature event yang dilangsungkan oleh IDN Media, serta terkoneksi dengan jaringan komunitas masif yang dimiliki oleh IDN Media.

Beberapa juri memberikan ucapan selamat dan menyatakan harapan-harapannya kepada pemenang, antara lain:

 

Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times): “Selamat untuk ke-5 penerima anugerah Pahlawan IDN yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Berfokus pada inovasi dan dampak yang sudah diberikan oleh Millennial & Gen Z, Pahlawan IDN memiliki keunikannya tersendiri. Variasi dari finalisnya pun luar biasa, mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan. Semoga, dengan anugerah ini, kalian dapat terus menjaga komitmen kalian untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas kalian. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka.”

 

 

Sementara Najelaa Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru) mengucapkan Selamat untuk para pemenang. Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.”

 

William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP): “Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi.”

 

Saya sih berharap  IDN Media rutin menyelenggarakan pemilihan Pahlawan IDN ini, biar makin banyak generasi millenial dengan segala keunikannya dapat diapresiasi.


 


Komentar