7 Cara Jitu Agar Tidak Menangis Saat Memotong Bawang

 



www.ceritawiniez.com Saya sering merasa bete ketika memasak dan harus memotong bawang merah. Selalu saja mata menjadi perih dan membuat menangis. Padahal bawang merah merupakan bahan yang hampir selalu ada dalam tiap masakan.

Menurut artikel yang saya baca di salah satu portal berita online , penyebab mata perih ketika mengiris bawang merah karena ketika dipotong, bawang melepaskan zat kimia yang disebut faktor lachrymatory atau LF. Dalam sebuah makalah yang terbit di jurnal ACS Chemical Biology edisi Juli 2017, potongan-potongan bawang merah secara struktural menciptakan sesuatu yang mirip dengan gas air mata. Gas itu mengenai mengenai saraf sensorik di mata, maka ini akan mengiritasi mata. Kita merasakan sensasi pedih dan akhirnya menangis.

Lalu bagaimana cara agar kita tidak menangis saat memotong bawang ?

Berikut 7 cara jitu agar kita tidak menangis saat memotong bawang

1.   1. Letakkan garam saat kita mengupas bawang.

Garam akan menjadi penetral gas bawang sehingga mata kita tidak perih

2.   2. Menyalakan lilin saat memotong bawang.

Cahaya lilin akan menyerap uap bawang sehingga kita tidak mengeluarkan air mata.

3.   3. Jangan memotong akar bawang.

Menurut The National Onion Association, ujung akar bawang merah memiliki  gas bawang yang cukup tinggi, sehingga bila bagian ujungnya terpotong akan menimbulkan efek perih di mata.

4.   4. Memasukkan bawang ke dalam lemari pendingin

Dalam buku On Food and Cooking, The Science and Lore of the Kitchen karya Harold McGe, mendinginkan bawang dapat memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat memotong bawang.

5.   5. Merendam bawang dalam air es

Proses reaksi kimia akan melambat ketika memotong bawang dalam keadaan dingin.

6.  6.  Menyemprotkan cuka ke talenan.

Larutan cuka akan menghentikan reaksi kimia yang ada dalam bawang.

7.  7.  Menyalakan kipas angin

Angin yang berhembus dari kipas angin akan menghilangkan gas-gas yang ada dalam bawang. Cara lain yang lebih mudah adalah  berada di ruangan dengan ventilasi yang baik ketika mengupas bawang

 

 

Semoga tips di atas bermanfaat ya 😊

 

Komentar